02 May

3 tipe orang yang harus ada dalam “team” bisnis

wisnu president university

Hampir 8 tahun sudah saya mengajar kewirausahaan di beberapa Universitas di Jakarta (Trisakti Ekonomi dan Teknik, Sekolah TInggi Pariwisata Trisakti, President University etc.). Beberapa hal saya sering amati dan pelajari terutama dalam pembuatan team dalam bisnis. Hal ini berlaku saat membuat team bisnis pada mata kuliah kewirausahaan di kampus maupun berlaku di dunia bisnis secara nyata. Team bisnis yang saya maksud adalah team dalam pembuatan bisnis baru.

Setelah sekian lama saya amat amati, dari pengalaman saya mengajar dan juga berbisnis, ternyata tipe orang dalam team bisnis itu ada kriterianya. Dengan kata lain, ternyata ada 3 macam tipe orang yang harus ada punya dalam team anda. Dengan adanya 3 orang ini dalam bisnis, kemungkinan bisnis akan berjalan dengan baik dan  peluang mencapai kesuksesan menjadi lebih besar.

Siapakah 3 orang tersebut?. Pertama, di Team Bisnis anda harus mempunyai orang yang mempunyai jiwa networking yang tinggi. Biasanya orang ini pandai sekali bergaul, senang berbicara dan berbakat untuk memimpin di team. Memang tipe orang seperti ini sangat dibutuhkan apalagi pada saat produk/jasa kita di launching. 

Kedua, orang yang pandai dalam hal teknis. Nah ini orang yang ada dibelakang layar, kreatif, senang kutak katik sesuatu hingga akhirnya sempurna. Jika konteks bisnis yang berbasiskan produk, orang ini adalah pembuat produknya.  Begitu pula dengan bisnis Jasa. Ada permasalahan teknis di bisnis anda? andalkan orang ini.

Ketiga, orang yang bisa membuat bisnis menjadi “duit”. Tipe orang yang satu ini adalah orang yang dicari cari. Keahlian dalam mencari keuntungan di setiap peluang sudah menjadi kegiatan sehari hari. Orang ini yang juga ahli membuat proyeksi keuangan, perencanaan keuangan dan menentukan layak tidaknya bisnis di jalankan.

Ya itulah kombinasi “Three Musketeers” yang memang dibutuhkan dalam team bisnis. Pastinya, ketiga tipe orang ini dalam team tidak bisa bekerja sendiri sendiri. Walaupun bidang mereka berbeda beda, namun kerja sama dalam team bisnis selalu menjadi yang utama. 

Semoga bermanfaat

@WisnuDewobroto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *