06 Apr

PT.Ethica Industri Farmasi : Balanced Scorecard dan Analytical Hierarchy Process

BALANCED SCORECARD DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

PT.Ethica Industri Farmasi berdiri sejak tanggal 30 November 1946, merupakan industri pertama penghasil ampul di Indonesia. Tidak banyak perusahaan farmasi dapat bertahan lama, akan tetapi PT. Ethica Industri Farmasi mampu bersaing dengan perusahaan industri lainnya dan bahkan perusahaan ini sedang mengalami pertumbuhan pesat.

PT. Ethica Industri Farmasi menerapkan sistem Balanced Scorecard dan Analytical Hierarchy Process yang merupakan sistem jitu dimana menyebabkan perusahaan ini dapat maju dengan pesat.

Berikut penjelasan mengenai Balanced Scorecard dan Analytical Hierarchy Process.
Balanced Scorecard

Merupakan suatu sistem manajemen pengukuran dan pegendalian yang secara capat, tepat dan komprehensif dapat memberiakan pemahaman kepada manajer tentang performance bisnis. Pengukuran tersebut memandang unit bisnis dari empat persepektif, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis dalam perusahaan, serta proses pembelajaran dan pertumbuhan.

Balanced Scorecard Sebagai Sisitem Manajemen Strategis
Tujuannya adalah untuk mengidentifikasikan sebab-sebab kegagalan dari beberapa perusahaan dan keberhasilan dari perusahaan yang lainnya.

Komponen utama dari manajemen strategis adalah :

Misi dan tujuan utama organisasi.
Analisis lingkungan internal dan eksternal organisasi.
Pemilihan yang sesuai dengan ancaman, peluang, kekuatan dan kelemahan perusahaan.

Balanced Sorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Perusahaan
Balanced Scorecard selain dapat berfungsi sebagai alat pengukur kinerja juga dapat sebagai alat ukur keberhasilan organisasi yang bersifat multidimensional yang dikembangkan sebagai dasar dan pedoman untuk menetapkan beberapa hal seperti :

Terpenuhinya harapan dan kebutuhan semua pihak yang terkait dengan organisasi (stakeholder).
Kesiapan organisasi untuk menjaga kelangsungan hidupnya dimasa depan yang penuh gejolak.
Sudah diperhitungkannya seluruh kekayaan dan potensi yang dimiliki organisasi pada waktu disiapkan strategi dan misi untuk mewujudkan cita-cita bersama.
Selain itu jua BSC akan berfungsi sebagai instrument manajemen yang bersifat sebagai instrument manajeman yang bersifat strategis dan sistematis.
Manfaat yang didatangkan dengan menerapkan BSC sebgai alat ukur kinerja terhadap perusahaan dilihat dari perspektif yang dicakup olehnya adalah sebagai berikut :

Perspektif keuangan
Memberi gambaran ringkas mengenai konsekuensi ekonomi dan tindakan strategis yang diambil organisasi.

Pespektif pelanggan
Memberikan kepuasan dan nilai tinggi kepada pelanggan, sehingga dapat dipertahankan pelanggan lama dan ditingkatkan pelanggan baru.

Perspektif Bisnis Internal
Menjaga adanya proses bisnis yang memungkinkan perusahaan menjaga efisiensi dan produktivitas proses operasi dengan memanfaatkan teknologi terbaik dan cara-cara paling tepat.

Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
Menjamin agar perusahaan mampu beradaptasi dengan baik dan mampu melakukan perubahan sesuai dengan perubahan yang terjadi dilingkungannya.
Metode BSC berusaha untuk menggabungkan ukuran-ukuran finansial dengan ukuran- ukuran performansi yang menjadi pendorong peningkatkan performansi di masa mendatang.
Keunggulan Perenacanaan Strategis Menggunakan Metode BSC
Keunggulan penggunaan BSC sebagai alat penyusunan rencana strategis perusahaan adalah dihasilkannya sasaran strategis yang komprehensif, koheren, terukur dan seimbang.

Komprehensif
Balanced Scorecard menjanjikan kemampuan perusahaan dalam melipatgandakan kinerja keuangannya dalam jangka panjang melalui kekomprehensivan sasaran-sasaran startegis yang dihasilkan dalam perencanaan stategisnya.

Koheren
Penggunaan BSC dalam perencanaan strategis dapat menghasilkan sasaran-sasaran strategis yang koheren, yaitu dihasilkannya hubungan sebab akibat antara sasaran strategis non keuangan degan sasaran strategis keuangan serta hubungan antara sasaran non keuangan dengan sasaran non keuangan lainnya.

Jadi, sasaran strategis yang dihasilkan pada perspektif non keuangan tidak ada yang tidak bermanfaat untuk mewujudkan sasaran strategis keuangan.

Terukur
Keterukuran sasaran strategis menjadikan sasaran tersebut jelas sehingga menjanjikan ketercapainya sasaran tersebut. Sasaran yang dihasilkan akan diukur dalam dua macam ukurang hasil dan pemicu.

Seimbang
Sasaran strategis yang dihasilkan perlu diarahkan ke dalam empat perspektif secara seimbang. Perspektif proses bisnis dan belajar dan pertumbuan berfokus ke dalam perusahaan sedang pelanggan dan keuangan berorentasi keluar pershaan. Jadi, dengan BSC akan dihasilkan sasaran strategis.

Beberapa alasan pentingnya BSC mengkomunikasikan strartegi yaitu :
Menerapkan visi masa depan organisasi ke seluruh perusahaan, sehingga menciptakan pemahaman yang sama.
Menciptakan model yang holistic dari strategi yang mengijinkan semua karyawan untuk melihat hubungan kontribusi mereka terhadap organisasi.
BSC berfokus pada perubahan, jadi jika tujuan dan ukuran yang tepat sudah diidentifikasikan, akan kemungkinan pelaksanaan berhasil akan sangat besar.

2. Analytical Hierarchy Process (AHP)

Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah metode untuk memecahkan suatu situasi yang kompeks tidak terstruktur ke dalam beberapa komponen dalam susunan yang hirarki dengan memberi nilai subjektif tentang pentingnya setiap variabel secara relative, dan menetapkan variable mana yang memiliki prioritas paling tinggi guna mempengaruhi hasil pada situasi tersebut.
Kelebihan AHP dibandingkan dengan lainnya :

Struktur yang hierarki, sebagai konsekuensi dari criteria yang dipilih, sampai pada subkriteria yang paling dalam.
Memperhitugkan validitas sampai dengan batas toleransi inkonsistensi berbagai krteria dan alternative yang dipilih oleh para pengambil keputusan.
Memperhitungkan daya tahan atau ketahanan output analisis sensitivs pengambilan keputusan.
Selain itu AHP mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah yang multi-obektif dan multi-kriteria yang berdadarkan pada perbandingan preferensi dari setiap elemen dalam hirarki. Jadi, metode ini merupakan suatu model pengambilan keputusan yang komprehensif.

Prinsip Dasar Pemikiran AHP

Dalam memecahkan persoalan dengan analisis logis eksplisit, ada tidak prinsip yang mendasari pemikiran AHP, yakni prinsip menyusun hirarki, prinsip menetapkan prioritas dan prinsip konsistensi logis.

Prinsip menyusun Hirarki
Prinsip menyusun hiraki adalah dnegan menggambarkan dan menguraikan secara hiraki, degan cara memecah persoalan menjadi unsur-unsur yang terpisah-pisah. Caranya dengan memperinci pengetahuan, pikiran kita yang kompleks kedalam bagian elemen pokoknya lalu bagian ini dipecah lagi kedalam bagian-baginnya dan seterusnya secara hirakis.

Prinsip Menetapkan Prioritas Keputusan
Prioritas untuk criteria, sub criteria dan alternative diperoleh dari kuisoner dalam bentuk perbandingan berpasagan.

Penggunaan Software Expert Choice untuk Metode AHP
Expert Choice adalah suatu sistem yang digunakan untuk melakukan analisis, sintetis dan pertimbangan (justifikasi) dari sebuah evaluasi keputusan yang kompleks. Expert Choice telah banyak digunakan oleh berbegai instansi bisnis pemerintah diseluruh dunia dalam bentuk aplikasi, antara lain :

  • Alokasi sumber daya
  • Keputusan evaluasi dan upah karyawan
  • Quality Function Deployment
  • Penentuan harga
  • Perumusan strategi pemasaran
  • Pemilihan alternative
  • Evaluasi proses akuisisi dan merger

Dengan menggunakan Expert Choce, maka tidak ada lagi metode coba-coba dalam proses pengambilan keputusan. Dengan didasari oleh Analtical Hierarchy Process (AHP), penggunaan hierarki dalam Expert Choice bertujuan untuk mengorganisir perkiraan dan intuisi dalam bentuk logis. Pendekaan secara hierarki ini memungkinkan pengambil keputusan untuk menganalisa seluruh pilihan untuk pengambilan keputusan yang efektif.

2 thoughts on “PT.Ethica Industri Farmasi : Balanced Scorecard dan Analytical Hierarchy Process

  1. Selamat Siang,
    Saya ingin menanyakan, mengenai PT. Ethica Industri Farmasi, sudah sejak kapan menerapkan Balanced Scorecard? (Sumber yang menyebutkannya)
    Terima kasih atas perhatiannya

  2. Semalat Malam,
    Saya juga kembali ingin menanyakan mengenai PT. Ethica Industri Farmasi sejak kapan sudah menerapkan sistem Balance Scorecard di Perusahaannya ?
    dan mohon info juga untuk sumbernya
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *