29 Apr

Kekacauan dalam bisnis!

bisnis_mesh

Sebelum memulai berbisnis banyak orang mempunyai mimpi indah seperti, income perusahaan tinggi, karyawan semua produktif sehingga mendapatkan keuntungan yang banyak. Namun setelah memulai usaha pasti banyak jg yang merasakan bahwa kenyataan tidak seindah mimpinya (belum).

Gejala yang dialami pada saat bisnis sudah berjalan tidak jauh dari kekacauan. Kekacauan dimana? Ya setiap bisnis mempunyai kekacauan yang berbeda beda, namun seringnya ada di SDM dan Keuangan. Dua hal itu paling krusial dalam bisnis. Tanpa SDM yang baik kita tidak bisa meningkatkan produktivitas perusahaan. Tanpa keuangan yang baik kita tidak bisa mengukur kinerja perusahaan kita secara tepat.

Seharusnya bersyukurlah bagi teman teman yang sudah melihat ada kekacauan di usahanya, itu berarti usahanya berjalan!. Kekacauan bagi sebagian orang dilihat sebagai malapetaka, tapi sebenarnya itu anugerah. Loh kok bisa? Ya… setelah ada kekacauan baru kita sadar bahwa kita harus melakukan pembenahan ☺ .. setuju?

Pembenahannya dari mana? Ya mulailah berfikir sistemik… mudah kok, tinggal lihat Input – Proses – Output dari suatu proses bisnis dan telusuri satu satu.

Yuk siap siap menerima kekacauan! Kemudian… tinggal langkah perbaikannya. Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *