28 Jun

Lulusan Teknik Industri Menjadi Pengusaha?

keep-calm-and-let-industrial-engineers-do-it-3

Banyak yang berpendapat Teknik Industri adalah jurusan yang tidak fokus? Memang Teknik Industri merupakan penggabungan berbagai ilmu yang berkaitan dengan teknik dan juga manajemen. Sebagian lulusan Teknik Industri dapat mempunyai karir dibidang jasa seperti di perbankan, transportasi atau di bidang manufaktur / pabrik yang memproduksi produk berupa barang.

Mungkin sebagian orang mengangap remeh dan tidak menyadari dengan adanya ilmu yang beragam yang diberikan di jurusan Teknik Industri akan membuat lulusannya mempunyai pandangan yang luas. Mempunyai sudut pandang luas dan kemampuan  berpikir terstruktur merupakan ciri sebagai seorang pemimpin. Tidak heran banyak lulusan Teknik Industri mempunyai karir yang melesat dan akhirnya sebagai pimpinan di dalam sebuah perusahaan ataupun menjadi pemimpin perusahaan sendiri, dengan kata lain sebagai pengusaha.

Banyak lulusan Teknik Industri, khususnya alumni Universitas Trisakti yang  menjadi pengusaha dan mempunyai bisnis di bidang kuliner, fotografi, perbankan, konstruksi dan sebagainya. Memang hal ini diawali oleh kemampuan lulusan Teknik Industri untuk membuat perencanaan bisnis dari sisi manajemen maupun teknis yang dipelajari semasa kuliah. Pada intinya Teknik Industri menselaraskan elemen manusia, material dan system dimana secara praktis seorang industrial engineers mampu untuk merancang, mengimplementasi dan mengoptimalkan kinerja suatu system di bidang apapun. Berbeda dengan engineers dari bidang lain yang hanya membuat sebuah produk, lebih dari itu seorang industrial engineer membuat sebuah produk (jasa atau barang) menjadi lebih baik. “Engineers make things… Industrial Engineers make things better”.

Kemampuan merancang akan membuat seorang industrial engineer secara sistematis dapat membuat perencanaan bisnis. Mulai dari mengidentifikasikan customer, menciptakan value sebuah perusahaan hingga memproyeksikan keuntungan perusahaan dimasa mendatang. Setelah perencanaan, akan terlihat pula seorang lulusan teknik industri dapat mengimplementasikan perencanaan secara teratur dan sistematis. Dengan kemapuan berfikir yang terstruktur dan sistematis, seorang industrial engineering mampu melaksanakan implementasi sebuah perencanaan dengan pengendalian yang baik. Tidak hanya itu, seorang industrial engineer mampu untuk terus mengoptimalkan segala proses operasional bisnis agar efektif dan efisien, sehingga secara langsung akan berdampak pada keuntungan perusahaan.

Nah! sekarang sudah terbukti kalau seorang industrial engineer tidak hanya mampu bekerja di bidang manajemen dan manufaktur, namun sangat menunjang untuk menjadi seorang pengusaha. Apapun pekerjaan atau bidang yang digeluti, pastinya seorang industrial engineers ditakdirkan untuk menjadi seorang pemimpin!. (@WisnuDewobroto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *