21 Apr

Mulai Bisnis? Siapa Takut

Wisnu Sakti Dewobroto President University

Sudah 3 mingguTribiz tayang dalam masa percobaan dan member baru mencapai 100 orang lebih yang terdiri dari mahasiswa, dosen, karyawan, komunitas pengusaha dll. Dalam perjalanannya, tidak sedikit mahasiswa yang kirim “direct message” ke saya dan mengutarakan minatnya untuk buka usaha. Alhamdulillah, ternyata potensi pengusaha muda sangat besar khususnya di kampus Trisakti. Walaupun minat itu sangat penting, namun kadang minat itu bisa jadi mundur karena perasaan “takut” untuk memulainya :) .. Hal ini terjadi di sebagian besar mahasiswa yang sengaja menemui saya lewat online dan offline :)

Dari setiap pertanyaan mahasiswa saya mencoba memberi pengertian mengenai rasa takutnya untuk memulai usaha… Sebenarnya ini masalah mental menurut saya. Masalah berani atau tidak. Di awal usaha, kebanyakan orang mempunyai rasa yang sama. Memang, berpikir matang itu bagus untuk ancang – ancang berbisnis dan berharap tidak mengalami kerugian besar nantinya. Tapi, terlalu banyak berpikir juga tidak baik karena dapat menghambat kesuksesan. Orang lain sudah berhasil mengatasi ketakutannya, sedangkan kita masih terus berpikir, sibuk bertanya sana sini, dan khawatir rencana membuka usahanya tidak sesuai dengan perencanaannya. Akibatnya? tentu saja kita terlambat. disaat orang lain sudah menerima kesuksesan, bisa jadi kita baru memulai. 

Salah satu tips yang saya biasa lakukan adalah memutar balikan persepsi dan pikiran saya. Jadi jangan berpikir bahwa kita akan gagal, berpikir saja kalau kita akan sukses nantinya, gampang kan?. Kita berpikir akan mendapatkan keuntungan, bisnis kita berkembang, membuka cabang dimana mana dan lain lain. Memang cara berpikir ini sederhana, tapi selalu berhasil untuk saya, dan saya percaya harapan itu sama dengan doa. Setiap harapan kita (pikiran positif) selalu didengar oleh Tuhan dan pasti dikabulkan, PeDe aja…

Setelah itu apa yang harus kita lakukan? sebenarnya rasa takut itu bisa dikurangi seiring dengan bertambahnya ilmu yang kita puya. Kita harus cari tahu, belajar, dan memahami secara benar seluk beluk bisnis yang mau kita jalankan. Ini akan menjadi semacam “Blue Print” kita yang akan menuntun menuju kesuksesan. Bagaimana bisa kalau kita mau membikin “rumah” tanpa blue print? pasti kacau… begitulah yang terjadi kalau bisnis tanpa perencanaan.

Nah, oleh karena itu, sambil kita memupuk semangat dan tekad kita untuk memulai bisnis, mulailah juga belajar dari buku, workshop, seminar maupun pebisnis lain. Itu sangat sangat penting!, lagipula kan sudah ada TribizNetwork.com, setidak tidaknya masalah untuk mencari teman belajar teratasi sudah. Percaya, kalau kita sudah belajar, merencanakan, memahami secara baik, pastinya kemungkinan kita untuk berhasil semakin tinggi..

So… mulai bisnis? siapa takut?…

@WisnuDewobroto

One thought on “Mulai Bisnis? Siapa Takut

  1. Alhamdulillah, saya juga mulai merintis bisnis kecil-kecilan (yang semoga nantinya jadi besar-besaran), usaha toko buku online BukuMurah.net hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *