03 Feb

Strategi Marketing Mercedes Benz sebagai Mobil Mewah Terbaik Indonesia

mercedes benz

Banyak orang yang berkeinginan untuk memiliki impian ingin memiliki mobil pribadi, di Indonesia untuk produk kendaraan roda empat, memang tersedia banyak merek dan banyak pula pilihan. Namun, apabila kita ditanya tentang apa merek mobil mewah? Sudah pasti sebuah brand mobil terkenal yang akan kita sebutkan adalah “Mercedes Benz”. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena strategi positioning merek/brand yang telah dilakuan oleh perusahaan tersebut.

Menurut Kotler (1997: 262): “Positioning is the act of designing the company’s offer so that it occupies a distinct and value placed in the target customer mind”. Dapat diartikan mencari ‘posisi’ di dalam pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang dipakai. Lengkapnya Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Jadi, jika dikaitan dengan kasus brand Mercedes benz, perusahaan tersebut telah berhasil mempositioningkan brandnya sebagai produk mobil dengan penempatan posisi dibenak konsumen sebagai mobil mewah/luxury.

Beberapa hal yang dijadikan strategi dalam mempositioningkan brand Mercedes benz adalah dengan cara memberikan kualitas dan harga yang premium, selain itu strategi pemasarannya juga dengan mensponsori turnamen golf, dimana golf merupakan olahraga kalangan kelas atas. Menurut artikel dari kompas.com “Mercedes-Benz berhasil meningkatkan penjualan di seluruh wilayah sepanjang September 2010 dengan pertumbuhan luar biasa, seperti dicapai di Asia-Pasifik dan BRIC (Brasil, Rusia, India dan China). Pengiriman Mercedes-Benz ke China (termasuk Hong Kong) meroket dua kali lipat dibandingkan tahun lalu (13.500 unit, naik 98 persen) yang merupakan rekor baru. Mercedes benz terus menjadi merek premium dengan pertumbuhan tercepat di China,” kata Joachim. “Pada bulan September, Mercedes benz sudah melampaui target awal penjualan tahun 2010 lebih dari 100.000 mobil penumpang. Ini terjadi berkat tingginya permintaan, dan mercedez benz telah meningkatkan target menjadi 120.000 unit.”

Untuk Strategi pemasaran di Indonesia sendiri, kini Mercedes benz mempositioningkan brandnya :” Mercedes Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia”. Merek Mercedes benz secara konsisten telah dikenal mewah, harga premium, teknologi yang mutakhir dan kualitas unggul. Namun, dalam membedakan dirinya dari merek lain terkenal yang ada di Indonesia Mercedes lebih memfokuskan pada kualitas dan premium – tidak sekedar dari keunggulan teknologi saja. Dalam hal postioning sebagai mobil mewah terbaik di Indonesia ini.

Sebutan untuk Mercedes-Benz sebagai Mobil Mewah Terbaik Indonesia memang layak. Tak heran jika saat ini banyak disukai dan dikenal masyarakat Indonesia, sehingga banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk membeli mobil mewah ini dilihat dari  kualitas mesin, kualitas tampilan body,  harga Mercedes-Benz yang cukup mahal tentunya dinilai wajar karena pemiliknya akan merasakan kenyamanan dalam berkendaraan yang memang sangat menjadi prioritas dan akan terasa eksklusif sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz memang mobil berkelas termasuk di Indonesia, cukup memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Selain kebanggaan tentu saja pemilik Mercedes-Benz juga merasa puas. Tak heran jika Mercedes-Benz  kini lebih dominan dimiliki oleh golongan strata ekonomi ke atas.

Strategi Pemasaran yang diterapkan oleh Mercedes-Benz salah satunya dengan menggelar turnamen golf atau dikenal sebagai MercedesTrophy 2011. Turnamen yang sudah digelar selama 19 kali ini dimulai tanggal 16 Juni 2011 di Rancamaya Golf and Country Club Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Yuniadi Hartono, Deputi Direktur Pemasaran Mercedes-Benz Indonesia menerangkan, MercedesThropy 2011 adalah turnamen golf yang merupakan bagian dari kegiatan pemasaran sekaligus pelayanan bagi konsumen Mercedes di Indonesia. “Jadi, peserta turnamen ini adalah para pengguna Mercedes. Memang mayoritas konsumen kami adalah pemain golf. Makanya, kami adakan turnamen ini,” jelas Yuniadi, Senin (13/6).
Rudi Borgenheimer, Presiden Direktur Mercedez-Benz Indonesia menambahkan, MercedesTrophy 2011 diikuti oleh 750 peserta. Peserta ini nantinya akan mengikuti empat seri turnamen golf yang diadakan di Surabaya, Jakarta Utara, Medan, dan Jakarta Timur ini. Secara global, induk usaha Mercedes-Benz, Daimler AG selalu menggelar acara ini. Saban tahun, turnamen ini berhasil menghimpun 58.000 pemain golf dari 43 negara. Mercedes-Benz sendiri tetap berkomitmen mendukung dunia olahraga, termasuk golf yang saat ini diyakini mewakili image pelanggan segmen mobil premium, yang dua puluh tahun lalu dipegang olahraga tenis.

“Lebih banyak fokus ke golf, karena yakin dapat menarik lebih banyak konsumen, karena golf adalah olahraga yang identik dengan para pemilik Mercedes-Benz,” tuturnya. Melalui MercedesTrophy kami ingin menjaga hubungan baik Mercedes-Benz Indonesia dengan para pelanggan

Turnamen ini juga dilangsungkan di berbagai negara dan dibagi dalam tiga kelas, yaitu The Country Final, The Regional Final dan The World Final. Tujuh juara Indonesia akan bergabung dalam tim Indonesia untuk mengikuti babak regional dan dunia yang akan dilaksanakan di Queensland, Australia dan Stuttgart, Jerman.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *